lha :)

Follow me on your twitter @Mauliddha_ :) Thanks :)

Kamis, 20 September 2012

Karena Kita bukan Mereka (vice versa)


“Kenapa sih ada orang yang kayak gitu?”
“Heran, kok bisa ya mereka berbuat dan bersikap begitu?”
Pertanyaan itu, pertanyaan yang mungkin sering muncul di pikiran kita karena perbuatan atau sifat seseorang yang gak sesuai sama apa yang kita anggap bener. Ga salah sih kayak gitu. Tapi coba dipikir, apa kita sendiri udah bener-bener “bener”?
Karena Kita bukan Mereka, dan Mereka bukan Kita
  • Najis dah gua sama anak alay! Tulisannya bikin pusing!
  • Ah, Presiden SBY gak tegas! Bisanya cuma pencitraan.
  • Itu cewek cakep tapi perilakunya amit-amit.
  • Gue tau lo itu orang kaya, tapi ga usah belagu gitu juga kali.
  • Udah tau maling itu dosa, masih tetep dilakuin juga.
  • Media massa bisanya cuma menghasut doang, ga pernah objektif.
  • Anggota DPR bisanya cuma hambur-hamburin uang rakyat, bubarin aja kalo gitu.
  • ABG-ABG zaman sekarang udah kelewat bates ya? Ampun dah.
  • Ini tulisan ga ada isinya sama sekali, yang bikin pasti otaknya kosong, dasar bego ni orang. :P
Komentar-komentar kayak gitu udah sering kita denger, atau bahkan kita sendiri yang ngomong begitu. Tapi liat dulu. Kenapa mereka bisa berbuat kayak gitu? Pasti ada penyebabnya.
Ni saya cerita dulu ya… (yaelah cerita mulu ni orang)
Pernah saya lagi di jalan. Lagi enak-enaknya ngendarain motor, tiba-tiba di depan saya ada angkot berhenti mendadak. Otomatis saya langsung marah dan ngeklakson itu angkot. Dalam hati saya memaki sang sopir angkot, “Heh, enak aja lu berhenti sembarangan, emangnya ini jalanan punya nenek moyang lo!”
Tapi pas angkot itu udah mulai jalan, seorang kakek-kakek tua dengan tongkatnya berjalan pelan dari balik angkot sambil ngucapin terima kasih sama sang sopir. Rupanya angkot tadi itu berhenti tiba-tiba karena ada kakek-kakek mau nyebrang jalan. Baek banget itu sopir. Saya ngerasa malu dan nyesel tadi udah memaki-maki sopir angkot itu meskipun cuma dalam hati. Dan mulai saat itu saya hampir gak pernah bunyiin klakson, kecuali emang bener-bener penting.
Ya itulah contoh nyata di kehidupan. Kadang kita cuma ngeliat sesuatu dari sudut pandang kita sendiri. Kita merasa paling bener sendiri, yang lain salah. Padahal belum tentu begitu. Ada sebab-sebabnya kenapa seseorang ngelakuin suatu hal, dan keadaan yang dialamin sama orang laen itu berbeda dari apa yang kita alamin.
*Ada yang protes: “Tapi saya juga pernah ngalamin hal yang sama, dan saya gak kayak dia tuh.”
Ya, itulah intinya, karena kita bukan mereka, dan mereka bukan kita. Meskipun hal yang dialamin itu sama, tapi tiap orang berbeda-beda nanggepinnya. Contoh yang gampang makanan aja deh. Misalnya makan pete atau jengkol, ada yang bilang enak, ada yang bilang ga enak. Makanannya sama, tapi apa yang dirasain tiap orang itu beda-beda.
Ada lagi satu contoh kasus yang dialamin sama seorang pejabat. Dulu, waktu sang pejabat itu masih jadi mahasiswa, dia getol banget demo dan protes ke pemerintah. “Turunkan harga BBM! Turunkan Presiden! Copot Menteri! Dasar pemerintah gak becus ngurus rakyat!”, kira-kira begitulah yang dia teriakkan sehari-hari dalam orasinya. Tapi pas dia lulus dan terjun ke dunia politik, dia pun melakukan hal yang sama kayak apa yang dilakukan sama pemerintah yang dia protes dulu.
*Ada yang protes: “Tapi saya gak bakal gitu tuh. Kalo saya jadi dia, saya gak akan melakukan itu, saya gak kayak dia.”
Ya, itulah intinya, karena kita bukan mereka, dan mereka bukan kita. Karena kita belum merasakan apa yang mereka rasakan, karena kita belum pernah ada di posisi seperti mereka. Coba nanti kalo kita jadi presiden, atau nanti kita jadi menteri atau pejabat lainnya, belum tentu kita gak kayak gitu, bisa jadi malah makin parah.
Karena Kita bukan Mereka, dan Mereka bukan Kita
Banyak hinaan atau ejekan kepada mereka yang dikategorikan “alay” (saya juga masih bingung kenapa bisa ada istilah alay, padahal udah banyak versi asal usul kata alay). Seakan-akan mereka itu paling jelek, paling norak, dan sebagainya. Padahal seandainya kita seangkatan sama mereka, mungkin aja kita ngelakuin hal yang sama kayak mereka (atau bahkan lebih “alay”).
Ada juga yang benci banget sama penganut agama lain, seolah-olah mereka semua jahat dan patut dibenci. Padahal seandainya kita dilahirkan dengan agama lain itu, mungkin kita akan bersikap yang sama kayak mereka.
Ada orang yang kaya/ganteng/cantik/pinter atau apalah segala kelebihan yang mereka punya. Lalu karena kelebihan mereka itu lantas mereka jadi sombong dan kita jadi gak suka atau benci sama mereka. Padahal seandainya kita dikaruniai kelebihan-kelebihan kayak gitu, mungkin aja kita malah jadi lebih sombong dari mereka sekarang.
Ada yang benci sama preman/tukang malak/tukang mabok/pengedar narkoba/pemakai narkoba. Ada yang menghina mereka dengan sebutan sampah masyarakat, mereka dipandang sangat rendah. Tapi coba seandainya kita berasal dari keluarga miskin atau keluarga broken home, yang kasih sayangnya kurang, ekonomi rendah, pendidikan sekolahnya kurang, pendidikan agamanya ga ada, lingkungan yang moralnya hancur. Coba. Coba kita pikirin. Apa kita masih tetep kayak diri kita yang sekarang? Diri kita yang seolah sempurna dan paling bener?
*Masih ada yang protes: “Kalo saya jadi mereka, saya ga bakal gitu kok, saya ga akan kayak mereka.”
Ya, itulah intinya, karena kita bukan mereka, dan mereka bukan kita.
Karena Kita bukan Mereka, dan Mereka bukan Kita
Sebelum saya akhiri tulisan ini, saya pengen cerita lagi boleh ya? (gak tau dah nyambung atau enggak sama judul)
Sebenernya masih banyak contoh di sekitar kita, tapi karena keterbatasan waktu………ya begini sajalah. Mudah-mudahan tulisan ini bukan sekedar omong kosong yang gak ada gunanya. Semoga ada manfaatnya dan dapat kita renungkan bersama-sama. Yang benar datang dari Allah dan yang salah datang dari diri saya pribadi.
Karena Kita bukan Mereka, dan Mereka bukan Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar